Kamis, 28 Mei 2009

“APLIKASI MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 UNTUK SISTEM SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI PEGAWAI LOGISTIK DOLOG JAWA TENGAH”.


BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat dan persaingan usaha yang semakin ketat menuntut para pelaku usaha untuk memanfaatkan sistem akuntansi yang efisien dan efektif, terutama dalam hal penyajian informasi yang sesuai dengan kebutuhan manajemen maupun berbagai pihak diluar perusahaan yang memerlukannya. Informasi menjadi sangat penting karena suatu informasi menjadi penentu perusahaan maupun pihak diluar perusahaan yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Suatu informasi yang disajikan dengan tepat akan mendukung efisiensi. Demikian pula sistem informasi akuntansi, apabila disajikan dengan bertolak pada sistem yang andal tentu akan menghasilkan informasi yang tepat pula. Ada beberapa cara dalam mencapai sistem akuntansi yang andal, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sedang berkembang dewasa ini.

Teknologi informasi yang dimanfaatkan secara tepat akan membawa pengaruh yang bagus untuk perusahaan, antara lain dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi kerja dan kemajuan perusahaan, dan tentunya sangat bermanfaat bagi lembaga seperti koperasi dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin kompetitif.

Ketepatan dan kecepatan pengelolaan data dari setiap transaksi yang terjadi pada koperasi, menjadi salah satu kunci untuk dapat menghasilkan informasi yang cepat , tepat, akurat. Penyajian informasi yang cepat, tepat dan akurat akan sangat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang tepat pula bagi perusahaan.

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi Pegawai Logistik (KOPEL) Dolog Jawa Tengah yang berkedudukan di Jalan Menteri Soepeno I /1 Semarang merupakan koperasi yang didirikan bagi para pegawai logistik Dolog Jawa Tengah. Kopel Dolog Jateng adalah koperasi primer yang mempunyai tiga unit usaha antara lain unit toko, unit jasa (diantaranya foto copi, persewaan ruko, tanaman hias, penjahitan, alat tulis kantor, aqua, sewa bis, laundri, wartel, gasam dan gaspir ) dan unit simpan pinjam. Kopel dolog ini didirikan dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya dan melayani kebutuhan masyarakat sekitar melalui usaha yang dikelolanya.

Kopel Dolog Jateng mempunyai anggota aktif sebanyak 703 orang serta mempunyai kegiatan usaha yang sangat beragam dan salah satu diantaranya adalah unit usaha simpan pinjam. Unit usaha simpan pinjam adalah salah unit usaha yang penting bagi koperasi karena sebagian penghasilan dan modal kerja yang didapat koperasi adalah bersumber dari unit usaha simpan pinjam. Kegiatan utama dari unit usaha simpan pinjam adalah melayani simpanan dan pinjaman yang diajukan oleh anggotanya. Kopel Dolog mempunyai empat jenis pilihan pinjaman yang ditawarkan kepada anggotanya, antara lain Pinjaman Non Manajemen, Pinjaman Koperasi, Pinjaman Kopelindo dan yang terakhir Pinjaman Dana Pendidikan.

Transaksi simpan pinjam adalah transaksi yang intens terjadi dan berulang-ulang dan merupakan transaksi yang penting bagi Kopel Dolog. Dengan adanya transaksi yang intens dan beraneka ragamnya jenis pinjaman yang ditawarkan kepada anggota, maka hal ini menuntut adanya ketelitian, kecermatan dan kecepatan dalam pelaksanaannya, sehingga laporan yang dihasilkan dapat membantu koperasi dalam mengambil keputusan yang dapat berguna bagi koperasi untuk menentukan kebijakan yang akan ditempuhnya dengan cepat, tepat dan akurat. Dengan adanya hal ini maka diperlukan suatu sistem pengelolaan yang terkomputerisasi untuk membantu efektifitas kerja karyawan koperasi serta kecepatan dan ketepatan dalam penyajian informasi yang diperlukan baik oleh pengurus maupun anggota koperasi.

Microsoft Visual Basic 6.0 adalah program yang dipilih untuk melakukan perhitungan dan pengelolaan data simpan pinjam pada Kopel Dolog Jateng.
Keputusan dalam pemilihan Microsoft Visual Basic 6.0 ini diambil berdasarkan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Visual Basic 6.0 yaitu dapat digunakan untuk membangun program aplikasi yang memiliki tampilan seperti program aplikasi lainnya yang berbasis MS Windows, selain itu Visual Basic 6.0 mampu memanfaatkan kemampuan MS-Windows secara optimal. Selain alasan-alasan tersebut, ada kelebihan lain yang dimiliki oleh Visual basic 6.0 yaitu kemudahan dalam pembuatan program aplikasi karena Visual basic 6.0 adalah pemrograman berbasis Visual (GUI-Graphical User Interface), basis bahasa pemrograman menggunakan BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code), yakni salah satu bahasa pemrograman yang cukup sederhana dan mudah dipelajari dan yang terakhir Visual Basic menyediakan perangkat yang dapat digunakan untuk membuat program aplikasi baik yang sederhana maupun yang rumit atau bahkan aplikasi yang dijalankan melalui internet.
Berdasarkan berbagai pertimbangan tersebut maka dalam penyusunan tugas akhir ini, penulis memilih judul “APLIKASI MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 UNTUK SISTEM SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI PEGAWAI LOGISTIK DOLOG JAWA TENGAH”.

1.2. Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah dimaksudkan untuk mempermudah penulis dalam membahas pokok-pokok pikiran secara jelas dan sistematis, agar pembahasan objek penulisan tidak menyimpang, sehingga penulisan Tugas Akhir ini menjadi lebih terarah sesuai dengan tujuannya.




Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis membatasi permasalahan pada pengelolaan data transaksi simpan pinjam dengan mengaplikasikan Program Microsoft Visual Basic 6.0 untuk : pengelolaan data anggota koperasi, dan data simpanan pokok, data simpanan wajib, data simpanan sukarela, data simpanan wajib khusus, data pinjaman dan data angsuran sampai dengan pelaporannya.

Tujuan dan Kegunaan

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah
Memenuhi salah satu syarat kelulusan Program Diploma III Politeknik Negeri Semarang Jurusan Akuntansi.

Menyusun Sistem Informasi Akuntansi yang terkomputerisasi untuk pengolahan data simpan pinjam dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 pada Koperasi Pegawai Logistik Dolog Jawa Tengah.

1.3.2. Kegunaan Penulisan

Adapun kegunaan dari penulisan Tugas Akhir ini antara lain:
Bagi Penulis
Tugas Akhir ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan sekaligus memperoleh pengalaman dalam merancang program komputer dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai bekal masa depan dan untuk memasuki dunia kerja.
Bagi Koperasi
Tugas Akhir ini diharapkan memberikan manfaat serta dapat dipergunakan oleh koperasi terutama dalam pengolahan data simpan pinjam.

Bagi Politeknik Negeri Semarang
Tugas Akhir ini diharapkan dapat berguna bagi Politeknik Negeri Semarang dalam memberikan tambahan informasi dan sebagai referensi dalam pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 untuk pengolahan data simpan pinjam, khususnya bagi mahasiswa yang akan menyusun Tugas Akhir dengan materi yang sama.

Metodologi

“Metodologi adalah kerangka teoritis yang dipergunakan oleh penulis untuk menanalisa, mengerjakan/mengatasi masalah yang dihadapi. Kerangka teoritis atau kerangka ilmiah merupakan metode-metode ilmiah yang akan diterapkan dalam pelaksanaan tugas”(Gorys Keraf, 2001:310).
Metodologi merupakan faktor penentu baik buruknya penulisan karya ilmiah, maka dari itu peran metodologi sangatlah penting dalam penulisan karya ilmiah. Pemakaian metodologi dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah tidak lain sebagai sarana dalam memahami masalah yang ada.




Pemakaian metode harus dilakukan secara benar dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah:
Observasi
“Observasi adalah pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung kepada suatu obyek yang diteliti”(Gorys Keraf, 2001:162).
Dalam metode ini, dilakukan pengamatan secara langsung pada dokumen atau catatan untuk mencatat transaksi simpan pinjam pada Koperasi Pegawai Logistik Dolog Jateng.

Wawancara atau interview
“Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informan atau seorang autoritas (seorang ahli/yang berwenang dalam suatu masalah)”(Gorys Keraf, 2001:161).
Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang lengkap dengan cara mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan pengolahan data simpan pinjam kepada pihak koperasi untuk mengetahui prosedur simpan pinjam dari awal pendaftaran anggota sampai ke pencatatannya.





3. Studi Pustaka
“Studi Pustaka merupakan metode pengumpulan data dengan cara mencari informasi melaui buku-buku, koran majalah dan literature lainnya”(Gorys Keraf,2001:166). Pengumpulan data dengan melaui studi pustaka adalah dengan cara memanfaatkan sumber bacaan yang ada hubungan dengan obyek untuk memperoleh kesimpulan para ahli dengan menempatkan kesimpulan tersebut untuk merumuskan suatu pendapat baru yang karenanya lebih menekankan pengutipan-pengutipan untuk memperkuat uraian.
Klasifikasi Data

Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Jenis data berdasarkan sifatnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
1) Data Kuantitatif
“Data Kuantitatif adalah data yang bisa dihitung atau diukur secara langsung. Misalnya lama bekerja, jumlah gaji, jumlah absensi dan sebaginya”(Marzuki,2005:56). Data kuantitatif yang diperoleh adalah berupa data-data yang bersangkutan dengan transaksi simpanan dan pinjaman seperti jumlah simpanan, jumlah pinjaman serta jumlah angsuran pada Koperasi Pegawai Logistik Dolog Jawa Tengah.





2) Data Kualitatif
“Data Kualitatif adalah data yang diukur secara tidak langsung seperti ketrampilan, aktifitas, sikap dan sebagainya”(marzuki, 2002:56). Data kualitatif yang diperoleh adalah berupa sejarah berdirinya koperasi, sistem simpan pinjam dan teori Microsoft Visual basic 6.0.

1.4.2.2. Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

Jenis data berdasarkan sumbernya dapat dibedakan menjadi dua , yaitu:
Data Primer
Data Primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumber yang diamati dan dicatat untuk pertama kalinya”(Marzuki, 2002:55).
Data yang diperoleh melalui wawancara secara langsung kepada pihak yang bersangkutan terutama yang berkaitan dengan penyajian informasi, yaitu melaui observasi dan wawancara langsung dengan pimpinan Koperasi Pegawai Logistik Dolog Jawa Tengah misalnya mengenai struktur pengendalian intern dan prosedur simpan pinjam.

Data Sekunder
“Data Sekunder adalah data yang bukan diusahakan sendiri pengumpulannya oleh peneliti misalnya dari biro statistik, peneliti majalah, keterangan-keterangan publikasi lainnya. Jadi dalam hal ini data sekunder berasal dari tangan kedua, ketiga dan seterusnya”(Marzuki, 2002:56).
Data sekunder berasal dari tangan kedua, ketiga dan seterusnya, artinya melewati satu atau lebih pihak yang bukan peneliti sendiri untuk itu perlu adanya pemeriksaan ketelitian. Data sekunder yang diperoleh melalui buku-buku dan literatur yang berhubungan dengan penyajian data sebagai bentuk informasi secara cepat, tepat dan akurat misalnya struktur organisasi, gambaran umum perusahaan. Data yang diperoleh adalah berupa gambaran umum pada Koperasi Pegawai Logistik Dolog Jateng.

Metode Penulisan

Metode Penulisan yang digunakan sesuai dengan masalah yang dibahas dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah:
Metode Deskripsi
“Metode Deskripsi menggambarkan sesuatu hal yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Metode deskripsi bertalian dengan pelukisan kesan panca indera terhadap sebuah objek”(Gorys Keraf,2001:109-110).
Metode penulisan ini dilakukan dengan jalan menguraikan, mengumpulkan dan menggambarkan sejarah dan perkembangan perusahaan, lokasi perusahaan, struktur organisasi, tugas dan wewenang di Koperasi Pegawai Logistik Dolog Jateng.






Metode Eksposisi
“Eksposisi adalah tulisan yang menyediakan analisis mengenai suatu obyek dengan mengutamakan penalaran, dan maksudnya agar pembaca mendapatkan pengetahuan baru secara benar” (Yudiono K.S., 2001:12).
Eksposisi adalah tulisan yang menjelaskan permasalahan dengan menguraikan alat (analisa) yang menyajikan analisis mengenai suatu objek dengan mengutamakan penalaran dan maksudnya agar pembaca mendapatkan pengetahuan baru secara benar.

Sistematika Pembahasan

Tugas Akhir ini terdiri dari lima bab yang disusun berdasarkan sistematika pembahasan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini dibahas mengenai latar belakang masalah, pembatasan masalah, tujuan dan kegunaan, metodologi dan sistematika pembahasan.

BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dibahas mengenai pengertian koperasi simpan pinjam, sistem simpan pinjam, program Microsoft Visual Basic 6.0, konsep dasar pengembangan sistem, Microsoft Access, Microsoft Visual Basic 6.0 dan desain laporan dengan Crystal Reports.


BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini dibahas mengenai sejarah dan perkembangan koperasi, struktur permodalan, bidang usaha, dan wilayah kerja serta struktur organisasi Koperasi Pegawai Logistik Dolog Jawa Tengah.

BAB IV PEMBAHASAN
Dalam bab ini dijelaskan mengenai prosedur dan kebijakan koperasi untuk sistem simpan pinjam, perancangan sistem yang diusulkan dengan menggunakan program aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0. Perancangan sistem dalam bab ini dilengkapi dengan struktur program, file-file yang digunakan, desain database, kode program dan flowchart program.

BAB V PENUTUP
Dalam bab ini akan diberikan penjelasan mengenai kesimpulan yang diperoleh dari hasil pembahasan yang berkaitan dengan judul Tugas Akhir serta saran yang diharapkan dapat memberikan kemajuan dan perbaikan bagi Koperasi Pegawai Logistik Dolog Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar